Tuesday, July 4, 2017

Resep peyek teri tanpa santan yang renyah dan gurih

Resep peyek teri tanpa santan yang renyah dan gurih 

Resep peyek teri tanpa santan yang renyah dan gurih – Ikan teri biasanya sering dimasak sebagai campuran masakan lain seperti kering tempe, sayur pare, dan kering kacang teri. Rasa ikan teri ini cenderung asin. Untuk mengurangi tingkat asinnya dengan cara merendam ikan teri yang kering di air garam selama 20 menit.

Selamat datang kembali di blog saya,,kali ini saya akan membagikan Resep peyek teri tanpa santan yang renyah dan gurih. Oya sebelum membuat peyek teri yang renyah ini, kita membeli ikan teri kering di warung yang ukurannya kecil-kecil. Karena ada ikan teri yang ukurannya besar dan rasanya lebih keras sehingga tidak kurang pas dibuat peyek. Setelah mendapatkan ikan teri yang kering, sekarang kita rendam ikan teri pada air garam agar asinnya berkurang. Setelah direndam. Ikan teri dicuci kemudian diriskan. Potong ikan teri menjadi 2 atau 3 bagian.

Peyek ikan teri ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga yang bermain ke kampung. Saya sendiri sekarang hidup di daerah perkotaan susah sekali mendapati penjual yang menjual peyek ikan teri ataupun peyek kacang tanah. Jika sedang kangen kampung halaman, saya biasanya memasak masakan tradisional seperti pecel dan peyek. Yuk langsung saja ya Bun, simak resep resep peyek teri tanpa santan yang renyah dan gurih.
Bahan--bahannya: 
  • 250 gram tepung beras, saya biasa menggunakan merek Rose brand 
  • 2 sendok makan tepung terigu 
  • 1 butir telur ayam 
  • ½ kg minyak goreng 
Bumbu halus :
  •  4 siung bawang putih 
  • 3 butir kemiri 
  • ½ sendok teh ketumbar
  • Garam secukupnya 
  • ¼ sendok teh Royco rasa ayam
Cara membuat rempeyek ikan teri :
  1. Peyek yang sudah dicuci kemudian dipotong menjadi 2 atau 3 bagian 
  2. Sediakan baskom yang kecil kemudian masukkan tepung beras, bumbu halus, potongan ikan teri, tepung terigu, dan telur ayam yang sudah dikocok lepas. 
  3. Tambahkan air sedikit-demi sedikit sehingga terbentuk adonan yang cukup kental. 
  4. Panaskan minyak goreng pada wajan yang cekung dan tunggu sampai benar-benar panas. 
  5. Ambil sendok sayur sebagai takaran membuat peyek ikan. 
  6. Tuangkan satu sendok sayur ke dalam pinggiran wajan. Ambil lagi adonan terinya sampai pinggiran wajan penuh. Sirami dengan minyak goreng yang ada di tengah. 
  7. Goreng hingga terlihat matang. 
Dalam membuat peyek ikan teri ini boleh tidak dibalik karena peyek mudah pecah kalau dibolak-balik. Kemudian menggunakan api yang sedang untuk menghindari peyek menjadi gosong. Ikan teri ini sangat pas disajikan ketika makan siang atau makan malam sebagai pengganti kerupuk. 

Demikianlah resep peyek teri tanpa santan yang renyah dan gurih. Untuk mendapatkan informasi masakan yang terupdate dari freemakanan ini, Bunda tinggal pencet Like Facebooknya di atas. Semoga bermanfaat dan selamat memasak untuk keluarga tercinta di rumah 🙂

<<SELAMAT MENCOBA>>

0 comments:

Post a Comment