Wednesday, July 5, 2017

Cara membuat peyek kacang bentuk bulat

Cara membuat peyek kacang bentuk bulat 

Pagi hari yang cerah ini saya akan berbagi cara membuat peyek kacang bentuk bulat. Peyek kacang bulat ini asli dari daerah Jogjakarta dan daerah sekitar Jawa Tengah. Kalau kita ke pusat oleh-oleh Jogja biasanya banyak disediakan jajanan peyek kacang yang bulat. Satu bungkus isinya ada yang 10 atau 20 buah peyek kacang. Jenis kacang merah yang sering dibuat kebanyakan kacang tanah warna merah.
 

Untuk membuat peyek menjadi bulat kita harus memakai cetakan yang biasa untuk membuat gorengan bakwan bulat. Jadi sebelum membuat peyeknya, sediakan alatnya dulu yah. Bisa membeli di pasar harganya cuma Rp7500 perat. Bunda bisa membeli 2 atau 3 cetakan supaya cepat selesai masaknya. Eh dua saja cukup. Kemudian memasaknya pun tidak bisa banyak-banyak. Satu wajan biasa berisi dua atau tiga peyek kacang saja. Kalau kita membeli peyek ditempat oleh-oleh harga rata-rata perbijinya Rp1500. Kalau beli satu bungkus jadinya Rp15.000. Mungkin bisa jadi peluang bisnis untuk Bunda di rumah. Bisa membantu suami yang sedang bekerja. Setelah mencoba membuat peyek beberapa kali, cobalah ke tetangga untuk menikmati peyeknya. Apakah layak dijual ataukah dirasa masih kurang enak. Terus perbaiki peyeknya dan temukan cara memasaknya yang baik.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 500 gram tepung beras 
  • 200 gram kacang tanah merah 
  • 1 liter minyak goreng 
  • 1 butir telur ayam 
  • 1 bungkus santan kara kecil 
  • Air secukupnya 
Bumbu yang dihaluskan : 
  • 5 siung bawang putih 
  • 3 butir kemiri 
  • 1/2 sendok teh ketumbar 
  • Bubuk garam secukupnya 
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa Royco
Cara membuat peyek kacang bentuk bulat : 
  1. Kacang dicuci kemudian dipotong-potong. Satu butir kacang bisa dibagi dua atau dipotong empat bagian supaya lebih renyah dan matangnya merata. 
  2. Bumbu dihaluskan terlebih dahulu dan telur dikocok. 
  3. Buat adonan pada baskom. Masukan tepung beras, bumbu halus, telur yang telah dikocok, santan kara, dan kacang tanah. 
  4. Aduk adonan hingga merata. Adonan dicicipi dulu, sudah asin ataukah belum. Adonannya yang cukup kental yah. Jangan terlalu encer. 
  5. Panaskan wajan dan masukan minyak goreng. Tunggu hingga panas. 
  6. Sediakan cetakan bulat untuk peyek. Masukan ke dalam minyak goreng. 
  7. Ambil satu takaran dengan sendok sayur kemudian letakkan adonan peyek di dalam cetakan peyek tersebut. 
  8. Tunggu sampai setengah matang kemudian cetakan sudah bisa diambil untuk adonan berikutnya. 
  9. Membuat peyek kacang ini bisa dibalik tapi perlu hati-hati dalam membaliknya. 
Memasak peyek kacang yang bulat ini memang agak sulit. Kadang tidak bisa bulat sempurna seperti yang dijual di tempat oleh-oleh. Butuh kesabaran bagi Bunda yang masih pemula. Dulu saya pernah memasak peyek yang pertama kalinya banyak yang berwarna kemerahan (alias agak gosong) karena memakai api yang besar. Jadi bunda harus memasak peyeknya menggunakan api yang sedang saja.

<<SELAMAT MENCOBA>>

1 comment: